Pilihan No.1 Jamaah Umroh Indonesia

Umrah di Bulan Ramadan, 7 Objek Wisata Arab Saudi Ini Patut Disinggahi

Kategori : umroh, informasi, Ditulis pada : 18 Maret 2024, 10:37:44

Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan Ramadan menjadi momen bagi umat muslim di seluruh dunia untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala. Umat muslim meningkatkan ibadah mereka kala bulan suci Ramadan tiba.Salah satu yang kerap dilakukan umat muslim di Indonesia ketika bulan Ramadan adalah melakukan ibadah umrah ke tanah suci.

Bagi sebagian orang, menjalani ibadah puasa di Arab Saudi bisa menambah kekhusyukan. Umrah pun menjadi pilihan demi bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Selain ibadah, setelah umrah, umat muslim juga bisa singgah ke sejumlah tempat di Arab Saudi. Wisata religi menjadi bagian dalam perjalanan umrah ke tanah suci.

Arab Saudi dikenal memiliki sederet objek wisata yang menawarkan pengalaman memperkaya perjalanan spiritual umat muslim. Lalu, objek wisata mana saja di Arab Saudi yang bisa disambangi saat umrah? Berikut 7 daftarnya, seperti dirangkum berbagai sumber.

1. Masjid Nabawi
Terletak di kota suci Madinah, Masjid Nabawi yang menakjubkan ini adalah salah satu tempat paling suci untuk dikunjungi setelah ziarah umrah.

Menurut budaya Islam, tempat ini adalah tempat peristirahatan Nabi Muhammad SAW dan dikunjungi oleh jutaan peziarah setiap tahunnya. Berdoa di masjid suci ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan selama umrah.

2. Jannat Al Mualla
Jannat atau pemakaman Al-Mualla, tempat pemakaman suci yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi. Pemakaman yang terletak di kaki Masjid Al Haram yang merupakan tempat peristirahatan terakhir banyak tokoh penting dalam sejarah Islam, termasuk istri pertama Nabi Muhammad SAW, Khadijah binti Khuwaylid, dan kakeknya, Abdul Muttalib.

3. Gunung Arafat
Gunung ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya Adam dan Hawa di Bumi setelah jatuh dari Surga. Ini juga merupakan tempat Nabi Muhammad berdiri dan menyampaikan Khotbah Perpisahan (dikenal sebagai Khutbat Al-Wada') kepada para sahabatnya. Ini juga merupakan salah satu tujuan peziarah umat Islam.

4. Kota Mina
Mina merupakan sebuah lembah gurun yang berada di timur kota Mekkah. Tempat ini terkenal dengan julukan 'kota tenda' karena adanya banyak tenda yang didirikan untuk jamaah haji.
Tenda-tenda ini tidak hanya dipasang selama musim haji, tetapi juga berdiri sepanjang waktu. Salah satu destinasi Mekkah dan Madinah saat ibadah haji ini juga sekaligus menjadi tempat penyembelihan hewan kurban.

5. Museum Dar Al Madinah
Museum Al Madinah membanggakan artefak langka dan koleksi arkeologi, yang semuanya mengabadikan warisan kota suci ini. Museum yang indah ini menawarkan sekilas kekayaan Islam.

6. Maktaba Makkah al Mukarramah
Merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad, Maktaba Makkah-al-Mukarramah terletak di She'eb Banu Hasyim di Makkah. Dulunya tempat ini merupakan gunung, namun telah diubah menjadi perpustakaan nasional.

7. Jabal Al Nour
Terkenal sebagai Gunung Cahaya, sebuah gunung yang terletak di wilayah Hijaz, Arab Saudi. Jabal Al Nour paling terkenal sebagai lokasi Gua Hira, tempat Nabi Muhammad (SAW) diyakini menerima wahyu pertama Al Quran dari malaikat Jibril.


Dengan mengunjungi tempat tempat ini, jamaah umrah dapat merasakan kedekatan yang lebih dalam dengan sejarah dan tradisi Islam, sekaligus memperkaya pengalaman spiritual selama bulan suci Ramadan.


Sumber berita :https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240316222908-269-1075158/umrah-di-bulan-ramadan-7-objek-wisata-arab-saudi-ini-patut-disinggahi/2.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id