Pilihan No.1 Jamaah Umroh Indonesia

Masjid Nabawi Siapkan 8,5 Juta Takjil Selama Ramadhan 2024

Kategori : Berita Dan Informasi, umroh, PERSIAPAN, Berita terbaru, Ditulis pada : 27 Februari 2024, 12:31:40

Jakarta - Masjid Nabawi di Madinah disebut sudah menyiapkan 8,5 juta takjil untuk berbuka puasa sepanjang Ramadhan 2024. Takjil tersebut nantinya akan disajikan pada seluruh jemaah yang berada di masjid tersebut.
Dilansir dari Gulf News, Selasa (13/2/2024), pihak berwenang yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi mengungkapkan, sekitar 2,5 juta botol air zamzam juga akan dibagikan di Masjid Nabawi selama Ramadhan. Air zamzam tersebut disiapkan dalam 18 ribu kontainer.

Selain itu, Otoritas Umum Perawatan Masjid Nabawi turut mengadakan lokakarya untuk meninjau persiapan menyambut jemaah pada bulan Ramadhan mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengintensifkan layanan dalam menghadapi perkiraan lonjakan jumlah jemaah dan pengunjung.

"Layanan tersebut terdiri dari pembersihan dan sterilisasi permadani yang tersebar di seluruh tempat dan mengatur kerumunan orang pada jam sibuk," demikian penjelasannya.

Bulan Ramadhan menjadi tanda musim puncak umrah atau ziarah kecil setelah Masjidil Haram, Makkah. Sebab, usai menunaikan umrah, banyak jemaah yang menuju ke Madinah untuk salat di Masjid Nabawi dan mengunjungi tempat-tempat Islam lainnya di kota tersebut.

Lebih dari 280 juta umat Islam tercatat salat di Masjid Nabawi pada 2023. Dilansir Arab News, lebih dari sepuluh juta jemaah tercatat mengunjungi Masjid Nabawi selama sepuluh hari pertama bulan Ramadhan pada tahun lalu.

pada sepuluh hari terakhir Ramadhan 2023, diberitakan otoritas berwenang secara khusus menyiapkan lokasi itikaf untuk jemaah. Sebab, Masjid Nabawi menerima lonjakan pengunjung dan jemaah dalam jumlah besar pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Lima ratus loker dengan kunci digital telah disediakan untuk menyimpan barang-barang pribadi jamaah selama masa itikaf. Selain itu, disiapkan pula fasilitas masjid untuk mengangkut jemaah lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas ke tempat salat melalui kendaraan khusus dan kursi roda.

Sumber berita : https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7190937/masjid-nabawi-siapkan-8-5-juta-takjil-selama-ramadhan-2024.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id