Pilihan No.1 Jamaah Umroh Indonesia

5 Alasan Mengapa Ummat Muslim Dianjurkan pergi ke Tanah Suci untuk Umroh & Haji

Kategori : , Ditulis pada : 24 Juli 2020, 16:30:06

artikel eltura #2.png

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, dan mayoritas 80% dari penduduk Indonesia adalah muslim. Setiap muslim pasti merindukan tanah suci sehingga mereka akan merencanakan untuk menunaikan ibadah umroh atau haji. Umumnya, masyarakat muslim Indonesia menunaikan umroh ke Masjid Haram di Saudi Arabia dengan menggunakan jasa agen perjalanan umroh atau umroh plus jika sekaligus berencana melakukan kunjungan ke negara-negara sejarah Islam di sekitar tanah suci. 

Travel umroh haji di Indonesia termasuk Eltura Travel menyediakan berbagai fasilitas yang memberikan kemudahan pada jamaah sehingga mereka dapat berkonsentrasi pada kegiatan ibadah umroh di Masjidil Haram di Mekkah dan Madinah yang minimal berlangsung minimal selama 9 hari, 12 hari atau 17 hari dll. Lantas, mengapa umat muslim harus menunaikan ibadah umroh? Berikut penjelasan keutamaan dari ibadah umroh di tanah suci.

1. Membuka Pintu Rezeki

Jika kita benar-benar melaksanakan ibadah umroh hanya karena mengharap ridho dari Allah SWT, maka niscaya Allah SWT akan melapangkan pintu rizki untuk kita.

1.png

Menurut Ippo Santosa dalam bukunya yang berjudul “Umroh Lapangkan Rezeki”, Allah akan melapangan rezeki hamba-Nya yang menunaikan ibadah umroh karena melihat semangat berkoran hamba-Nya yang telah mengeluarkan harta, jiwa, dan waktunya untuk menunaiakan panggilan-Nya. Di masyarakat, kita juga banyak melihat orang yang telah berumroh, rezekinya tidak berkurang, malah sebaliknya bertambah dan menjadi lebih berkah.

2. Menghapus Dosa

Ibadah umroh dapat menghapus dosa-dosa yang pernah kita dilakukan. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya itu akan menghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (H.R Bukhari, no.1773 dan Muslim no.1349).

2.png

Berdasarkan hadits di atas kita memahami bahwa dengan melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci, dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT. Karena itulah, ibadah umroh ini harus segera kita laksanakan jika kita punya kemampuan secara fisik dan juga keuangan002E

 

3. Umroh Merupakan Jihad

Hal lain yang menjadi alasan mengapa muslim wajib umroh adalah karena umroh merupakan jihad. Wanita tidak memiliki kebebasan seperti halnya kaum pria untuk berjihad di medan perang. Karena itulah, salah satu bentuk jihad yang dapat dilakukan oleh para muslimah adalah dengan melaksanakan ibadah umroh. Dengan melaksanakan ibadah umroh, wanita dapat mendapatkan pahala seperti berperang di medan pertempuran. Apabila pada saat melaksanakan umroh dan ternyata dia wafat, maka kematiannya pun akan diganjar Allah dengan pahala yang sama dengan mati syahid.

3.png

Hal ini sesuai dengan hadist “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu’ alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh,” (HR. Ibnu Majah no.2901, hadists ini shahih sebagaimana kata Syeikh Al Albani).

4. Menghapus Kemiskinan

Umroh dapat menghapus kemiskinan dari diri seorang hamba. Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi SAW, “Ikutilah umroh keada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara itu, tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al-Albani hadist ini hasan shahih).

4.png

Berdasarkan hadist tersebut, Rasul menuntunkan pada umatnya untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh karena kedua ibadah tersebut dapat menghapus kemiskinan dan menjadi penggugur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. Karena itulah, kita harus menyegerakan diri menyambut panggilan Allah untuk berumroh ke Tanah Suci.

 

5. Diijabah Doa-Doanya oleh Allah SWT

Terdapat beberapa tempat di Tanah Suci yang mustajab untuk memanjatkan segala permohonan dan doa pada Allah SWT. Di tempat- tempat mustajab atau tempat yang sangat potensial untuk terkabulnya doa antara lain di Multazam (antar hajar aswad dan ujung pintu Ka’bah), di Mekkah, dan dalam prosesi tawaf dan sa’i, para jamaah umroh dapat memanjatkan doa pada Allah SWT.

5.png

Dengan memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab tersebut, Insha Allah doa Anda kemungkinan besar akan dikabulkan oleh Allah SWT.

informasi terbaru umroh:

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id