Pilihan No.1 Jamaah Umroh Indonesia

Pilihan No.1 Jamaah Umroh Indonesia

7 Amalan Andalan di Bulan Ramadhan

Kategori : , Ditulis pada : 24 Juli 2020, 07:21:35

7 Amalan Andalan di Bulan Ramadhan - Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kita bisa menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan dengan kondisi yang sedikit berbeda. Adanya virus Corona membuat ibadah ramdhan di sejumlah wilayah tidak bisa semaksimal biasanya karena adanya pembatasan seperti social distancing, PSBB, bahkan lockdown.

Hal ini tentu berpengaruh pada sebagian kegiatan ibadah ramadhan yang tak seleluasa biasanya. Ada yang tidak bisa melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid, ada yang masih melaksanakan namun tetap diberi jarak pada shaf-nya. Tiada agenda membangunkan sahur keliling, buka bersama, dan tadarus bersama.

6.png

Semua hal yang berbeda terjadi pada ramadhan kali ini. Tentunya, Anda tetap harus memaksimalkan ramadhan ini dengan tidak melewatkan berbagai amalan andalan di bulan ramadhan.

Kali ini, Erahajj akan membagikan tips seputar amalan andalan di bulan ramadhan agar kita semua bis ameraup pahala berlimpah di bulan yang penuh berkah dan ampunan.

  1. Berpuasa Ramadhan

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, 'Rasulullah SAW memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan Nasai).

Amalan inti dari bulan ramadhan adalah puasa. Berpuasa sunnah diluar ramadhan sudah sering kita lakukan, namun bulan ini kita harus melaksanakannya secara rutin selama sebulan penuh. Bagi yang bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah di bulan ramadhan ini tentunya sudah melakukan persiapan di bulan sya'ban dengan memperbanyak puasa sunnah.

Dengan memperbanyak puasa di bulan sya'ban maka Anda akan lebih ringan melakukan ibadah puasa ramadhan karena sudah terlatih. Puasa ramadhan dapat menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu. Anda juga bisa mendapatkan pahala berlimpah apabila menyempurnakan ibadah puasa dengan menghindari hal-hal yang dimakruhkan saat berpuasa.

Lakukan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan sehingga Allah SWT menerima ibadah Anda. 

  1. Tilawah Al Quran

Tilawah atau membaca Al Quran adalah amalan andalan berikutnya yang bisa Anda kerjakan. Ibadah ini tidak memerlukan banyak gerakan, sehingga bisa dilakukan di mana saja. Jika Anda work from home, maka Anda bisa melakukannya di sela-sela pekerjaan, sehingga bisa menjadi selingan yang berpahala.

1.png

Gunanakanlah Al Quran yang nyaman dibaca, sehingga Anda betah berlama-lama untuk membaca. Sebaiknya, gunakan mushaf kertas, alih-alih menggunakan aplikasi Al Quran digital. Sebab terlalu banyak distraksi yang bisa melemahkan konsentrasi Anda dalam membaca Al Quran seperti notifikasi aplikasi chat dan social media.

Namun, jika terpaksa, tidak mengapa membuka aplikasi Al Quran digital sesekali supaya Anda tidak ada alasan untuk tidak membaca Al Quran walau tak membawa mushaf. Bulan puasa merupakan bulan yang sangat tepat untuk mengkhatamkan bacaan Al Quran, sebab Alquran juga diturunkan di bulan Ramadhan.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS al-Baqarah [2]: 185).

  1. Tarawih Berjamaah

Bagi yang masih bisa shalat tarawih berjamaah, Anda bisa memanfaatkannya untuk shalat tarawih meski harus melakukan jaga jarak dengan shaf yang diatur sedemikian rupa. Jika kondisi tak memungkinkan dan harus tarawih di rumah, usahakan tetap berjamaah dengan anggota keluarga.

2.png

Jaga semangat shalat tarawih dengan cara menjaga kondisi tetap prima saat beribadah. Jangan berbuka secara berlebihan, sehingga pada waktunya tarawih Anda kekenyangan dan malah beribadah shalat tarawih.

  1. Perbanyak Sedekah

Ramadhan adalah bulan dilipatgandakan pahala, termasuk pahala sedekah. Jika Anda bersedekah di bulan ramadhan maka Anda akan memanen pahala. seperti Rasulullah SAW, yang dalam kesehariannya sangat dermawan. Di bulan ramadhan, Rasulullah SAW semakin dermawan. Hendaknya kita mencontoh apa yang dilakukan oleh beliau.

3.png

Sedekah pun tak harus uang, Anda bisa memberikan makanan untuk berbuka, berbagi paket sembako untuk dhuafa, dan berbagai macam kesempatan sedekah lain yang bisa Anda lakukan. 

  1. Beri'tikaf

Ibadah lain yang biasanya dilakukan adalah beri'tikaf di masjid. Utamanya pada 10 hari, seperti yang diceritakan oleh Aisyah RA: “Sesungguhnya Nabi SAW selalu i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.” (Muttafaqun alaih).

4.png

Jika kondisi memungkinkan, Anda bisa mengagendakan untuk melakukan i'tikaf. 

  1. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

5.png

Amalan yang tak ada di bulan-bulan lainnya adalah menghidupkan lailatul qadar atau malam seribu bulan. Menurut pendapat yang paling kuat, Anda bisa menemukan malam lailatul qadar di sepuluh hari terakhir, pada malam-malam ganjil.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS al-Qadar [97]: 3)

  1. Beribadah Umrah

7.png

Terakhir, amalan andalan yang bisa dilakukan di bulan ramadhan adalah beribadah umrah. Walaupun pada masa wabah ini kita belum bisa melaksanakan ibadan umrah di bulan ramadhan, kita bisa berniat kuat untuk berumrah dan pahala umrah akan dicatatkan untuk kita semua. Insya Allah.

 

informasi terbaru umroh:

Sumber : https://blog.erahajj.co.id/read/191/7-amalan-andalan-di-bulan-ramadhan

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id